Pelayanan Mengecewakan, PLN Mariana Putus Sepihak Sambungan kWh Meter Pelanggan yang Prabayar.

Foto: Salah Satu Rumah pelanggan PLN.
Kamis, 16 Mar 2023  19:50

Banyuasin Sumsel,Aliansinews.

Pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) di Desa Sumber mulya kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan mengeluhkan buruknya sistem pelayanan kantor ULP PLN Rayon Mariana, yang dinilai semena-mena terhadap keluhan salah satu Konsumen pelanggan PLN yang mengalami kendala saat gagal memasukkan Token Listrik ke meteran Prabayar, tetapi tidak mendapat tanggapan apapun dari pihak gangguan PLN Mariana sehingga berujung di copotnya meteran prabayar miliknya.

Hal tersebut dialami langsung oleh seorang pelanggan PLN Atas nama Limin (60), warga RT 12/RW 01, Sumber mulya, Kecamatan Muara Telang. Ia menyebut sudah menjadi korban diskriminatif pihak PLN atas penggunaan tenaga listrik untuk rumah huniannya.

“Saya kecewa atas di putusnya  sambungan listrik di rumah saya diputus secara sepihak oleh petugas PLN. Petugas datang ke rumah saya pada siang hari, setelah sebelumnya memang ada surat pemberitahuan (pemutusan-red) ,” keluh Limin kepada wartawan  Kamis (16/3/2023)

Padahal, lanjut limin dirinya sudah melaporkan tidak masuknya Token Prabayar ke pihak gangguan Pln wilayah mariana.

Tetapi petugas gangguan pelayanan PLN Mariana Made, wadri sampai dengan adanya pemutusan tidak pernah datang ke rumah untuk memperbaiki meteran yang rusak tersebut.

Berdasarkan Hak konsumen untuk mendapatkan pelayanan kelistrikan dilindungi oleh Undang-Undang, salah satunya Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.

Salah satu kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah dalam upaya memberikan hak kepada pelanggan listrik adalah menetapkan Tingkat Mutu Pelayanan (TMP).

Pada saat terjadinya gangguan bukan malah sebaliknya di copot sepihak oleh pihak PLN Mariana seperti ini" jelasnya.

Berita Terkait