Yudi Tri: Bisnis Bukan Pernikahan, Tak Perlu Ada Loyalitas Pada Bisnis Kita

 
Sabtu, 23 Feb 2019  14:01

Yudi Tri, Konsultan Bisnis Eropa dan Asia Untuk Bisnis Inspirator, mengatakan bisnis itu perkara membaca peluang, bagaimana menganalisa serta memanfaatkan peluang yang ada maupun menciptakan peluang-peluang baru. 

"Bisnis itu bukan pernikahan, tak perlu ada loyalitas pada bisnis kita," demikian dikatakan Yudi saat menjawab pertanyaan peserta dalam sebuah forum diskusi yang diselenggarakan oleh KASGAB AI, H. M. Gunther Gemparalam, SE, MA, di ruang kerja Ketua Umum AI, Jumat 22 Februari 2019. 

Yudi Tri mencontohkan pernah marak dan jayanya bisnis pager. Namun ketika teknologi beralih ke ponsel, apapun yang berkaitan dengan bisnis pager harus dilupakan, karena sudah kedaluwarsa dan tidak mungkin lagi dihidupkan bisnis tersebut.

Begitupun dengan jenis bisnis yang lain, jika bisnis tersebut sangat sulit diangkat atau dihidupkan, tak perlu fanatik dan seperti mematok harga mati untuk tetap berada di bisnis tersebut, namun perlu dipikirkan untuk beralih ke bisnis yang lain, yang lebih memliki peluang sesuai segmen pasar yang ada.

Selain menyesuaikan dengan segmen pasar, Yudi juga menyampaikan pentingnya memciptakan peluang dan segmen pasar yang baru, meski untuk hal ini memerlukan pengorbanan yang sangat tidak sedikit, bahkan beresiko.

Yudi mencontohkan beberapa bisnis 'start up' (rintisan) berupa toko online, ojek dan taksi online.

"Untuk merintis seperti sekarang ini, sangat tidak mudah. Perlu visi yang melihat ke depan, kerja keras, pengorbanan, konsistensi dan keyakinan," ujarnya.

Forum diskusi tersebut merupakan bagian dari Program Kerja OVOP (One Village One Product) KASGAB AI, untuk mencetak SDM unggul untuk mengelola usaha maupun produk yang sukses.

Berita Terkait